Download Suara Perkutut Lokal Asli Full MP3

Burung perkutut menjadi salah satu jenis burung yang sering digunakan untuk ajang kontes burung. Dalam melakukan kontes tersebut, suara perkutut lokal menjadi penilaian utama. Dimana setiap burung memiliki keunikannya sendiri saat berkicau.

Sebagai pecinta burung, kamu harus melakukan pemasteran agar burung perkutut lokal yang dimiliki bisa menang kontes. Bacalah ulasan berikut ini yang akan membantumu dalam melatih burung perkutut. Kamu juga akan mendapatkan tips sekaligus link download masteran lengkap disini.

Kriteria Bunyi Burung Perkutut Menang Kontes

Siapa yang tidak ingin kicau burung perkutut miliknya bisa memenangkan kontes kicauan burung. Tentu kamu yang menjadi salah satu pemilik perkutut katuranggan, perkutut putih dan lainnya juga ingin memenangkan kontes burung tersebut. Untuk memenangkan kontes burung tersebut, ada beberapa kriteria suara yang harus terpenuhi.

Kenali kriteria tersebut agar kemenangan bisa segera didapatkan. Berikut ini adalah beberapa kriteria kicauan perkutut yang menang kontes.

1. Suara Depan Burung

Bagian awal yang menjadi penilaian saat kontes adalah suara depan burung. Dimana ada banyak suara depan yang cukup beragam pada suara perkutut lokal. Suara depan yang bisa menjadikan burung kamu juara adalah kur, kwau, klao dan kleo.

Masing-masing suara tersebut juga memiliki keunikannya sendiri. Saat burung yang kamu miliki mengeluarkan suara kleo, maka suara tersebut adalah suara kristal. Sedangkan suara kwau adalah suara besar, klao suara medium dan kur adalah suara yang terakhir yaitu suara rendah.

Dari perpaduan suara depan tersebut, suara yang dianggap ciri ciri perkutut lokal yang bagus dan unik adalah kicauan yang panjang, bersih dan menarik. Selain itu, suara kicauan depan tersebut juga tidak mengandung unsur R seperti klar, kur dan har. Karena jika kicauan mengandung unsur R menandakan kicauan gembos.

2. Suara Bagian Tengah

Tidak hanya suara depan saja yang menjadi penilaian. Suara burung perkutut Bangkok pada bagian tengah juga menjadi salah satu bahan penilaian saat ajang kontes berlangsung. Kriteria suara tengah terbaik dari perkutut adalah terdengar jelas, rapat, lengkap dan menekan.

Supaya memudahkan kamu dalam melakukan latihan burung perkutut yang dimiliki, komposisi yang harus terpenuhi adalah 9. Komposisi tersebut terdiri dari:

  • Lengkap; 3
  • Jelas; 3
  • Menekan; 3

Sehingga total komposisi suara tersebut adalah 9. Kriteria nilai tersebut berlaku pada semua jenis burung perkutut. Baik jenis perkutut songgo ratu, perkutut udan mas, perkutut silver, perkutut jambul, perkutut putih mata merah, katuranggan perkutut, suara perkutut Bangkok dan lainnya.

3. Bagian Ujung

Suara ujung juga menjadi penentu suara perkutut betina tersebut layak memenangkan kontes burung atau tidak. Kriteria kicauan perkutut terbaik pada bagian ujung adalah panjang, bulat, dan mengalun mengeluarkan suara ‘ng’.

Sedangkan jika perkutut tersebut berhenti mendadak, maka dapat dipastikan akan kalah kontes. Begitu juga dengan perkutut yang memiliki bagian ujung yang pendek juga akan gugur menjadi juara kontes burung.

Namun perlu diketahui bahwa pada bagian ujung ini terdapat sedikit perbedaan perkutut jantan dan betina. Dimana suara perkutut betina memiliki ujung lebih pendek dari perkutut jantan.

Untuk komposisi bagian ujung suara perkutut yang menjadi penilaian totalnya adalah 9. Rincian dari penilaian tersebut adalah:

  • Bulat; 3
  • Panjang; 3
  • Mengalun; 3

Sehingga jika dijumlahkan secara keseluruhan totalnya adalah 9.

4. Alunan Irama

Setelah mengetahui komposisi pada masing-masing suara yaitu depan hingga belakang. Maka, bagian suara selanjutnya yang menjadi penilaian adalah pada alunan iramanya. Kriteria yang harus dimiliki oleh burung perkutut agar menang kontes adalah memiliki irama yang stabil.

Jumlah total nilainya juga 9 sama halnya dengan kriteria lainnya. Namun untuk bagian kriteria satu ini juri perlombaan jarang yang memberikan nilai sempurna. Rata-rata nilai yang diberikan adalah 8,5 dan itu sudah termasuk nilai yang tinggi.

5. Suara Dasar

Suara dasar juga menjadi bagian kriteria penilaian pada kontes burung. Untuk nilai yang akan diberikan pada suara dasar ini juga 9. Namun sangat jarang juri kontes memberikan nilai sempurna pada kontestan. Dimana para juri lebih sering memberikan nilai 8,5 sebagai nilai tertinggi.

5 kriteria di atas harus terpenuhi dengan baik jika ingin menjadikan juara burung perkutut lokal yang kamu miliki. Selain mengetahui kriteria di atas, cara perawatan yang baik juga perlu kamu ketahui. Dimana perawatan ini akan menjaga suara perkutut agar tetap stabil.

Cara Menjaga Kualitas Suara Perkutut Lokal

Suara kicauan yang bagus tidak akan bertahan dengan lama jika pemilik burung tidak melakukan upaya dalam penjagaan. Maka dari itu, sebagai pemilik yang perhatian dengan kebutuhan burung yang dimiliki, kamu perlu melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Bulu

Bulu adalah salah satu bagian dari tubuh burung yang selalu melekat dengan burung. Apabila bulu tersebut tidak dijaga kebersihannya, maka akan membuat burung tersebut mudah stres. Selain itu, burung perkutut tersebut juga menjadi tidak nyaman dan enggan mengeluarkan kicauannya.

2. Jaga Kebersihan Kandang Perkutut

Meskipun tidak melekat secara langsung pada tubuh burung, sangkar juga menjadi bagian penting yang perlu dibersihkan. Dimana dalam sangkar inilah burung akan melakukan semua kegiatannya dalam sehari-hari.

Jika sangkar tersebut tidak dibersihkan dan cenderung kotor, maka burung akan menjadi malas untuk melakukan kegiatan termasuk berkicau. Bahkan dalam kondisi kurang menguntungkan bisa menjadikan burung tersebut mudah stres.

3. Jemur Saat Pagi

Salah satu kegiatan perawatan yang bisa mencegah terjadinya stres pada burung adalah dengan melakukan penjemuran. Proses penjemuran ini bisa dilakukan dengan meletakkan sangkar yang telah dibersihkan di bawah dan menempel pada tanah.

Pastikan saat melakukan proses penjemuran tersebut terkena matahari secara langsung. Kamu bisa melakukan penjemuran antara pukul 07.00 hingga 10.00 pagi.

4. Teduhkan Burung

Setelah melakukan proses penjemuran, jangan lupa untuk segera meneduhkan burung tersebut. Kamu bisa meletakkannya di teras rumah sebelum menggantungkannya kembali di tempat biasanya. Lakukan langkah ini agar burung tidak terlalu kaget dengan kondisi panas matahari ke kondisi teduh.

5. Pancing dengan Suara

Agar kicauan yang telah dimiliki tetap bertahan atau bahkan menjadi lebih baik. Maka kamu bisa memberikannya pancingan dengan menggunakan suara perkutut lokal MP3. Download suara burung MP3 yang paling gacor agar burung perkutut tersebut juga memiliki suara yang gacor.

6. Beri Pakan Khusus Burung

Nutrisi yang cukup juga sangat diperlukan saat menjaga kicauan burung. Pastikan kamu membelikan burung tersebut makanan yang khusus untuk burung perkutut. Sehingga dengan adanya makanan tersebut akan membuatnya menjadi terjaga gizinya.

7. Beri Tambahan Multivitamin

Perawatan akan semakin lengkap dengan memberikan multivitamin pada burung perkutut. Selain menjadikannya lebih sehat, multivitamin juga akan membuat burung semakin bersemangat dalam berkicau. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berikan multivitamin terbaik untuk burung perkututmu.

Download Suara Burung Perkutut

Jika kriteria dan cara perawatan dalam menjaga kicauan telah kamu ketahui, maka langkah selanjutnya adalah download masteran. Dimana tidak sembarang suara bisa dijadikan pancingan untuk melatih kicauan perkutut. Hanya suara perkutut terbaiklah yang cocok digunakan pancingan.

Untuk mendapatkan suara perkutut, suara burung kenari, suara burung kutilang dan burung lainnya. Kamu bisa melakukan download suara burung perkutut pada beberapa link di bawah ini. Pilih suara yang paling cocok dan sesuai.

Suara perkutut lokal asli | DOWNLOAD

Suara perkutut dengar langsung nyaut | DOWNLOAD

Link suara perkutut bangkok | DOWNLOAD

Perkutut lokal jantan gacor | DOWNLOAD

Suara burung perkutut betina | DOWNLOAD

Manfaatkanlah link download suara perkutut lokal yang telah disediakan di atas. Gunakanlah suara yang telah di download untuk melatih perkutut yang dimiliki. Jangan lupa pula untuk melakukan perawatan agar perkutut bisa menang kontes.

Tinggalkan komentar