Tiket Masuk Objek Wisata Curug Leuwi Hejo Bogor

Curug Leuwi Hejo merupakan wisata alam air terjun yang berada di wilayah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Banyak sekali wisatawan yang tertarik dengan wisata alam yang satu ini. Tentu karena daya tarik yang tinggi dan beberapa fasilitas yang memenuhi.

Selain itu wisata air terjun Sentul termasuk salah satu wisata alam terpopuler di wilayah Jawa Barat dan terkenal dengan suasana alamnya yang asri. Bagi kamu pecinta wisata alam jangan sampai melewatkan air terjun ini ketika berada di kawasan tersebut.

Akan lebih menyenangkan jika kamu mengajak keluarga tercinta untuk piknik bersama ke wisata air terjun Sentul. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang wisata ini, baik harga tiket, fasilitas, dan sebagainya, simaklah review yang kami bagikan.

Wisata Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan sebuah wisata air terjun dengan ketinggian kurang lebih 500 mdpl di perbukitan Jonggol – Sentul. Suasana alamnya yang sangat asri membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi nya, mulai kalangan remaja, dewasa, dan anak-anak.

Wisata air tejun ini memiliki silsilah nama wisata yang cukup unik yaitu nama Leuwi Hejo memiliki arti dalam bahasa Sunda. Kata “Leuwi” memiliki arti kolam, sedangkan kata “Hejo” memiliki arti hijau, dapat kamu ketahui Leuwi Hejo berarti kolam yang berwarna hijau.

Nama Leuwi Hejo sangat cocok dengan wisata air terjun tersebut, sebab di area air terjun ada sebuah kolam yang cukup luas. Dan air kolam tersebut memiliki air yang sangat jernih, sehingga ketika terkena sinar matahari air kolam akan terlihat berwarna hijau yang sangat cantik.

Apalagi banyak batuan hitam dan tumbuhan hijau disekitar air terjun, tentu hal ini membuat pemandangannya semakin terlihat menawan. Adapun aliran air terjun Leuwi Hejo berasal dari sumber mata air Gunung Kencana, yang mana letak gunung ini 20 km dari wilayah air terjun Leuwi Hejo.

Sebenarnya selain air terjun Leuwi Hejo, di kawasan Jonggol terdapat wisata curug lain yang tak kalah akan keindahan alamnya. Yaitu ada Curug Leuwi Lieuk, Curug Cakrawardana, Curug Cibaliung, Curug Barong, Curug Benjol, dan Curug Leuwi Cepet.

Lokasi Curug Leuwi Hejo Bogor

Lokasi alamat Curug Leuwi Hejo berada di Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jika kamu tertarik untuk mengeunjungi wisata air terjun ini maka ikutilah alamat tersebut, selain itu kamu juga bisa menggunakan google maps.

Setiap wisatawan bisa melewati kawasan Jonggol ataupun kawasan Sentul untuk mencapai wisata ini, sebab ada beberapa rute perjalanan yang tersedia. Dari arah wilayah Sentul maka akan diarahkan ke Sentul City – Rainbow Hills Golf – Polsek Babakan Madang –  Curug Leuwi Hejo.

Jarak tempuh dari wilayah Sentul ke objek wisata kurang lebih 20 km, sama seperti jarak tempuh dari wilayah Jonggol. Adapun rute dari arah Jonggol yaitu Jl. Jonggol – Dayeuh – Sukamakmur – Citereup – Desa Cibadak – Wisata air terjun Leuwi Hejo.

Jika melihat dari arah perjalanan kota Jakarta menuju objek wisata akan memerlukan jarak tempuh sekitar 50 km perjalanan. Selama perjalanan menuju wisata kamu akan melihat pemandangan alam yang cukup indah dengan melewati beberapa jalan pegunungan.

Tiket masuk Curug Leuwi Hejo

Harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo lumayan tinggi yaitu di gerbang utama pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000/ orang. Kemudian setelah berada di area Air Terjun Leuwi Hejo pengunjung akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp 25.000/ orang.

Bisa dikatakan untuk memasuki area wisata air terjun ini memerlukan biaya sebesar Rp 50.000/ orang, cukup tinggi juga ya tiket masuknya. Namun, dengan harga tiket tersebut kamu bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang tersedia dalam objek wisata.

Biaya tiket masuk tidak termasuk biaya parkir kendaraan, untuk biaya parkit motor sebesar Rp 10.000/ unit dan biaya parkir mobil sebesar Rp 15.000/ unit. Himbauan bagi setiap wisatawan yang berkunjung supaya waspada, sebab area wisata ini terkenal  adanya pungli (pungutan liar).

Untuk jadwal operasional wisata air terjun Leuwi Hejo mulai buka pada hari senin sampai hari minggu selama 24 jam nonstop. Pilihlah waktu – waktu yang cuacanya tidak begitu panas maupun dingin ketika hendak berkunjung ke wisata yang satu ini.

Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Bila dibandingkan dengan fasilitas Curug Cikaso yang juga berada di Jawa Barat, fasilitas Curug Leuwi Hejo juga tak kalah bagusnya. Di dalam air terjun Leuwi Hejo terdapat fasilitas umum yang cukup lengkap yaitu seperti adanya toilet, tempat ganti, loker, dan area parkir yang cukup luas.

Kemudian di sekitar air terjun ada sebuah tempat pemantau bagi wisatawan yang bermain air atau berenang di area kolam. Di area air terjun tersebut pihak pengelola telah membuat tali yang cukup kuat sebagai pegangan wisatawan saat bermain air.

Bagi kamu yang tidak bisa berenang, wisata air terjun ini juga menyediakan jasa sewa ban pelampung. Lalu juga banyak tempat kuliner yang memiliki berbagai macam menu makanan dan minuman. Dengan adanya fasilitas tersebut wisatawan tentu akan merasa nyaman.

Selain itu di area wisata air terjun ini tersedia tempat penginapan yang biasanya di pakai oleh wisatawan yang hendak menginap. Namun waktu tempuh antara penginapan dengan objek wisata memerlukan waktu setengah jam perjalanan. Harga penginapan pun juga berbeda sesuai dengan kulalitasnya.

Daya Tarik Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo menawarkan pemandangan alam yang sangat asri, kemudian dilengkapi dengan adanya air terjun yang sangat jernih. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata tersebut, terlebih lagi ada beberapa fasilitas yang menjadi pelengkap wisata air terjun.

Berikut ini merupakan daya tarik wisata air terjun Leuwi Hejo yang dapat menghipnotis wisatawan dalam sekejap mata. Barangkali setelah mengetahui daya tarik wisata air terjun ini kamu tertarik untuk mengunjunginya dan menjadikannya sebagai tempat liburan bersama keluarga.

1. Airnya Yang Jernih

Setelah lama dalam perjalanan menuju objek wisata kamu akan menemukan keindahan alam yang memukau yaitu kejernihan air Curug Leuwi Hejo. Mungkin sebagian besar wisata air terjun memiliki air yang cukup jernih begitu pula dengan wisata air terjun ini.

Namun kejernihan air wisata ini sangat memukau dengan warna air yang berwarna biru dan ketika mendapat pantulan sinar matahari akan terlihat berwarna hijau. Selain itu air yang jernih dan dingin ini dapat menyejukan badan ketika berada didalamnya untuk berenang.

Menurut cerita yang beredar setiap wisatawan yang berenang di area air terjun dapat menyembuhkan penyakit kelumpuhan tubuh dan penyakit gatal. Hal ini dikarenakan air Curug Leuwi Hejo di percaya memiliki khasiat alami yang dapat menyembuhkan penyakit.

2. Keindahan Alam yang Asri

Wisata air terjun Leuwi Hejo terkenal dengan keindahan alam yang asri, sehingga ketika berada di lokasi wisata ini kamu akan merasakan suasana yang sangat sejuk dan menyegarkan. Tempat seperti ini sangat cocok menjadi tempat untuk merefreshkan pikiran penat dari aktivitas sehari-hari.

Kemudian banyak batuan besar yang ada di sepanjang aliran sungai air terjun Leuwi Hejo, dari batuan besar ini menimbulkan kolam yang bertingkat-tingkat. Wisatawan dapat bermain di area ini karena jaraknya tak begitu jauh dari pusat air terjun Leuwi Hejo.

Apalagi banyak pepohonan besar yang bisa menjadi tempat teduh dari sinar matahari yang cukup panas. Diarea ini wisatawan bisa menggelar tikar untuk piknik di bawah pohon tersebut bersama keluarga dengan menyantap makanan dan melihat keindahan alam yang asri.

3. Spot Foto Keren

Tentu yang menjadi daya tarik selanjutnya adalah banyak spot foto keren yang akan kamu dapatkan ketika mengunjungi wisata curug ini. Mulai dari gerbang utama sampai di area air terjun banyak spot foto instagramable yang akan kamu temukan.

Apalagi ketika berada di area air terjun spot foto keren tak hanya sedikit mulai dari area air terjun yang mengalir deras, di batuan besar yang indah, dan lain sebagainya. Jadi pastikan kamu membawa kamera atau android ketika mengunjungi wisata air terjun ini.

Tentunya hal itu akan menjadikan moment kenangan kamu ketika berada di wisata air terjun leuwi hejo. Akan jauh lebih menyenangkan jika datang berkunjung bersama keluarga tercinta atau orang terdekat lainnya untuk membuat kenangan moment indah bersama-sama.

Tinggalkan komentar