Gunung Andong: Wisata Pendakian Di Magelang Yang Penuh Misteri

Apabila anda termasuk salah satu pecinta mendaki, maka sangat cocok sekali dengan artiket kami kali ini yang akan mereview wisata Gunung Andong. Wisata Gunung ini terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menawan dan memanjakan mata ketika memandang.

Tidak sedikit wisatawan dari berbagai daerah yang sudah merasakan keindahan alam wisata Gunung Magelang ini. Selain keindahan alamnya yang menawan, fasilitas di area gunung ini sudah cukup memadai, tentu hal ini membuat wisatawan merasa nyaman dan krasan.

Bagi anda yang tertarik untuk datang berkunjung ke Gunung Magelang ini, alangkah baiknya untuk terus menyimak artikel ini hingga akhir. Dengan begitu perjalanan anda menuju tempat wisata akan lebih mudah, karena sudah mengetahui gambaran tentang wisata Gunung tersebut.

Wisata Gunung Andong

Gunung Andong merupakan sebuah tempat wisata pendakian yang letaknya berada di perbatasan tiga wilayah yaitu Magelang, Semarang, dan Salatiga. Ketika anda mengunjungi wisata pendakian ini jangan lupa untuk mampir ke wisata Salatiga yang paling hits yaa!

Tahukah anda wisata pendakian yang satu ini termasuk salah satu wisata yang paling banyak peminatnya mulai dari usia remaja hingga dewasa. Bahkan wisata pendakian ini menjadi tempat favorit saat weekend maupun hari libur nasional bagi para pelajar dan pekerja.

Walaupun pada bulan ramadhan tahun 2021 wisata pendakian ini sempat ditutup, namun saat ini objek wisata sudah mulai beroperasional kembali. Tepatnya pada tanggal 18 mei 2021 wisata pendakian gunung Magelang sudah bisa menerima wisatawan kembali.

Gunung Andong termasuk salah satu gunung yang belum pernah mengalami aktivitas meletus dan memiliki tipe gunung perisai. Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama untuk mencapai puncak, rasa lelah anda tersebut akan terbayarkan dengan keeksotisan wisata gunung tersebut.

Dan salah satu gunung yang berdekatan dengan wisata pendakian ini adalah gunung Telomoyo yang temasuk wisata pendakian di wilayah Semarang. Anda juga dapat mengunjungi wisata hutan mangli yang berada di lereng gunung Andong perbatasan Semarang.

Misteri Gunung Andong

Mungkin sudah biasa bagi setiap wisata memiliki sebuah misteri, mitos, sejarah, dan legenda yang menjadi suatu daya tarik wisata tersebut. Sama seperti wisata pendakian yang kita bahas saat ini memiliki misteri tersembunyi yang sudah beredar di kalangan wisatawan.

Beberapa cerita misteri yang beredar di area wisata pendakian tersebut ialah tersebar cerita bahwa terdapat misteri wanita tanpa kepala dan watu pocong. Selain itu terdapat misteri jembatan setan, karena ini merupakan sebuah misteri anda bisa mempercayainya ataupun tidak.

Selain itu masih banyak cerita misteri lainnya dalam wisata pendakian yang satu ini. Walaupun banyak misteri menyeramkan yang tersebar, hal ini tidak membuat wisatawan mengurungkan niatnya untuk datang berkunjung ke area wisata pendakian tersebut.

Tiket Masuk & Jam Buka Wisata

Harga tiket masuk gunung andong cukup terjangkau bagi umumnya wisatawan dari berbagai kalangan usia. Kurang lebih tiket masuk wisata pendakian ini mencapai Rp 20.000/ orang, harga tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan satu unit motor.

Dengan harga tiket yang terjangkau tentu banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya, apalagi ada beberapa fasilitas yang tersedia. Apabila hendak mengunjungi wisata ini anda supaya menyesuaikan dengan jadwal operasional yang telah di tetapkan.

Wisata pendakian ini dibuka setiap hari senin sampai minggu selama 24 jam nonstop. Walaupun buka setiap hari selama 24 jam, alangkah baiknya jika anda datang berkunjung saat matahari masih berada di atas (pagi atau siang hari), tentu hal ini demi keamanan selama perjalanan.

Lokasi Wisata Gunung Andong

Secara administratif alamat Gunung andong berada di Dus. Sawit, Des. Girirejo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Prov. Jawa Tengah. Namun sebenarnya letak gunung andong berada di perbatasan tiga wilayah yaitu kota Semarang, kota Salatiga, dan kota Magelang.

Apabila melihat dari arah pusat kota Magelang menuju objek wisata pendakian akan menempuh waktu kurang lebih 90 menit perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 53 km. Dalam perjalanan menuju wisata pendakian ini bisa dilalui oleh berbagai macam jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Tentunya setiap kendaraan ini hanya bisa sampai di area parkiran saja, setelah itu wisatawan akan di arahkan menuju area pendakian. Nah, pada saat menelusuri area pegunungan untuk mencapai puncaknya, akan lebih baik jika anda meminta jasa petunjuk jalan demi keamanan.

Fasilitas Wisata Gunung Andong

Karena wisata gunung andong termasuk wisata pendakian yang cukup populer di wilayah Jawa Tengah, sehingga fasilitas yang tersedia juga cukup memadai. Dan pastinya membuat setiap wisatawan yang datang merasa nyaman dengan fasilitas tersebut.

Adapun fasilitas umum yang tersedia dalam wisata pendakian Magelang ini adalah area parkir yang sangat luas, toilet yang cukup banyak, dan warung-warung kecil di sepanjang perjalanan. Warung-warung tersebut menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang beranekaragam

Dengan begitu bila kehabisan bekal selama perjalnan dengan mudah anda bisa menemukan penjual makanan. Selain itu di area pendakian tersedia tempat camping yang cukup luas, biasanya setiap wisatawan yang datang akan bermalam di area camping tersebut.

Daya Tarik Gunung Andong

Setiap objek wisata tentu memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Begitu pula dengan wisata gunung Andong Magelang yang memiliki daya tarik yang cukup menawan, berikut ini merupakan ulasannya:

Keeksotisan Puncak Gunung

Seperti yang kami bahas sebelumnya mengenai wisata pendakian ini memiliki tipe perisai dengan 4 puncak yang lokasinya tidak begitu luas. Pada bagian kanan kiri wisata pendakian merupakan tepi jurang yang banyak tanaman liar tumbuh di sekitarnya.

Ketika sudah sampai di area puncak wisata pendakian anda akan menemukan panorama alam yang luar biasa. Selain itu pemandangan dari gunung lain yang saling berdekatan juga akan terlihat sangat jelas, salah satunya gunung telomoyo Semarang.

Salah satu moment yang paling di nantikan oleh sebagian besar wisatawan adalah keindahan sunrise di pagi hari saat matahari terbit. Dan keindahan sunset di sore hari saat senja (saat matahari terbenam), karena dari puncak gunung keindahan sunrise dan sunset akan terlihat jelas.

Camping Ground

Daya tarik selanjutnya yang ada didalam wisata gunung andong adalah area camping ground yang cukup menantang. Sebab lokasinya berada di puncak gunung yang tidak begitu lebar, namun tidak sedikit para pendaki yang melakukan camping di area tersebut.

Dengan ketinggian gunung mencapai 1.463 mdpl tentu suana sejuk dan menyegarkan akan menyelimuti wisatawan yang samping di area puncak. Selain itu di area tersebut tersedia warung makanan dan minuman yang cukup banyak persediaannya.

Dengan begitu setiap para pendaki yang kehabisan bekal di perjalanan tidak perlu menghawatirkannya, namun alangkah baiknya jika anda membawa bekal yang cukup selama perjalanan menuju puncak. Kegiatan camping ini menjadi salah satu aktivitas favorit wisatawan.

Jalur Trekking

Selanjutnya di area wisata pendakian ini terdapat jalur trekking yang menyenangkan. Pertama kali sampai di area parkir kendaraan wisatawan akan di arahkan ke loket pembayaran, setelah itu barulah memasuki area wisata pegunungan yang cukup menawan.

Di awal perjalanan menuju pos pertama jalan yang di lalui cukup bagus, datar, dan sudah di semen, lokasi ini bisa menjadi spot foto yang keren. Waktu tempuh antara loket pembayaran menuju pos pertama kurang lebih selama 20 menit perjalanan.

Kemudian dilanjutkan pos 1 menuju pos 2 dengan waktu tempuh selama 10 menit, lalu pos 2 menuju pos 3 waktu tempuhnya selama 10 menit. Dan yang terakhir adalah pos 3 menuju objek wisata akan menempuh waktu kurang lebih selama 20 menit perjalanan.

Leave a Comment