Download Surat Al Baqarah Mp3: Murottal, Merdu, Gratis

Download Surat Al Baqarah – Al Qur’an merupakan kitab suci umat islam, dan turunnya Al Qur’an ini sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yaitu seperti kitab taurat dan kitab injil. Allah SWT mewahyukan  kitab Al Qur’an ini kepada Nabi Muhammad SAW melewati Malaikat Jibril.

Kita sebagai umat muslim di anjurkan untuk membaca Al Qur’an minimal 3 ayat dalam sehari. Sebab pahalanya orang yang membaca Al Qur’an sangatlah banyak. Diterangkan dalam sebuah hadist bahwa barang siapa yang membaca satu huruf Al Qur’an, maka akan mendapatkan satu kebaikan yang dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan.

Pengertian Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah adalah salah satu surat yang ada di dalam Al Qur’an. Yang memasuki urutan surat ke-2 setelah surat Al Fatihah. Surat Al Baqarah merupakan surat terpanjang di antara surat yang lain. Surat Al Baqarah memiliki 286 ayat, dan ada satu ayat yang paling panjang yaitu ayat 282.

Surat Al baqarah artinya “sapi betina” di namakan Al Baqarah karena didalam surat ini terdapat beberapa ayat yang berisi perintah Allah SWT kepada kaum Bani Israil. Isi perintah Allah SWT kepada kaum Bani Israil yaitu mereka kaum Bani Israil supaya melaksanakan penyembelihan sapi betina (ayat 67-64).

Selain itu, di dalam surat Al Baqarah juga menjelaskan mengenai hukum hukum dan kisah kisah perjuangan para nabi dan rosul. Dan kisah kisah tersebut dapat dijadikan sebagai teladan bagi umat muslim zaman sekarang. Dan terdapat cerita tentang orang yahudi dan nasrani yang dapat dijadikan sebagai peringatan.

Untuk itu anda supaya memahami isi kandungan dari surat Al Baqarah karena hal tersebut dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Terlebih lagi jika anda mau membaca surat Al Baqarah atau menghafalkan surat Al Baqarah maka anda akan mendapatkan pahala dan manfaat yang berlipat ganda.

Download Surat Al Baqarah Mp3

Di zaman sekarang ini sudah banyak masyarakat muslim yang memiliki HP Android. Jika anda salah satunya, maka dapat manfaatkannya untuk mendownload murrotal Qur’an Mp3. Misalnya seperti download surat al baqarah, surat ar rahman, surat surat pendek, dan lain sebagainya.

Dengan seringnya anda mendengarkan ayat-ayat suci Al Qur’an, maka sedikit demi sedikit anda akan menghafalnya serta mengikuti nada yang telah anda dengarkan. Selain itu dengan seringnya mendengarkan ayat suci Al Qur’an dapat membuat hati yang gelisah menjadi tenang. Terlebih lagi jika nadanya terdengar merdu.

Download juga:

Berikut ini adalah murottal surat al baqarah mp3 yang bisa kalian unduh secara gratis.

Nama Qori’Link Download
Misyari RasyidDownload
Abdurrahman As SudaisDownload
Saad Al GhamidiDownload
Abdullah MatroodDownload
Muhammad AyyubDownload
Muhammad AbdulkareemDownload
Abdul BasitDownload
Imad Zuhair HafezDownload
Adel KalbaniDownload
Ibrahim Al AkhdarDownload

Keutamaan Surat Al Baqarah Yang Wajib Diketahui

Tahukah anda setiap surat yang ada didalam Al Qur’an memiliki keutamaannya masing-masing, yaitu seperti surat al baqarah atau surat yasin. Ketika anda sudah mengetahui keutamaan dari surat tersebut, maka jangan sekali-kali memiliki niat membaca Al Qur’an hanya untuk mendapatkan keutamaannya saja.

Akan tetapi memiliki niat membaca Al Qur’an hanya untuk mencari ridh0-Nya Allah SWT atau membaca Al Qur’an dengan niat karena Allah. Sebab jika anda membaca Al Qur’an hanya ingin dipuji atau ingin mendapatkan keutamaannya saja, maka Allah tidak akan memberi pahala-Nya sedikitpun.

Dan tidak hanya membaca Al Qur’an saja yang harus diniati karena Allah SWT. Melainkan setiap amalan yang kita kerjakan supaya diniati karena Allah SWT agar mendapatkan keridhoan dan kebarokahan-Nya. Seperti melaksanakan sholat, mengerjakan puasa, bersodaqoh, atau mengerjakan amalan-amalan lainnya.

Pembahasan kali ini bukanlah untuk menerangkan pengertian niat, dan penjelasan tentang niat diatas hanya untuk mengingatkan saja. Dan kali ini kami akan membahas tentang keutamaan keutamaan yang terdapat di dalam surat Al Baqarah yang wajib anda ketahui. Apa saja keutamaan surat Al baqarah berikut penjelasannya?

1. Menjaga Rumah Dari Gangguan Setan

Dengan membaca surat Al Baqarah di rumah, akan dapat menjaga atau melindungi rumah dari gangguan setan yang terkutuk. Dan pastinya anda tidak ingin rumahmu menjadi sarangnya setan atau di tempati oleh setan. Oleh karena itu anda supaya rajin membaca Al Qur’an terutama surat Al Baqarah.

Ada sabda Rosulallah SAW yang berbunyi:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya : “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya syaitan akan lari ketakutan dari rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya”. (HR. Muslim: 780)

Salah satu ayat surat Al Baqarah yang dapat menjaga rumah dari gangguan setan adalah ayat 225 atau disebut Ayat Kursi.

Rosulallah SAW bersabda:

“Jika kamu menjatuhkan diri dipembaringan, maka bacalah Ayat Kursi. Sebab malaikat akan selalu melindungimu dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi”. (HR. Bukhori)

2. Menyembuhkan Penyakit

Salah satu manfaat dari Al Qur’an adalah Al Qur’an dapat di jadikan sebagai obat. Yang berarti Al Qur’an dapat menyembuhkan penyakit baik itu penyakit hati maupun penyakit fisik. Untuk menyembuhkan penyakit hati, maka bacalah Al Qur’an maka hati kita akan menjadi tenang, tentram, dan damai.

Adapun untuk menyembuhkan penyakit fisik atau penyakit mental. Rosulallah SAW pernah mempraktekkan dengan cara meruqyah orang yang gila dengan membacakan beberapa ayat yang ada didalam Al Qur’an. Salah satunya ada didalam surat Al baqarah. Dan biasanya para ustadz juga meruqyah dengan membaca surat Al Baqarah.

Dan ayat ayat didalam Al Qur’an yang biasanya digunakan untuk meruqyah seseorang yang terserang penyakit atau hal hal lainnya dapat disebut Ayat Ruqyah. Apa saja ayat ruqyah itu? Ayat ruqyah terdiri dari surat Al Fatihah, Surat Al baqarah ayat 1-4, ayat 163-164, ayat 255 (ayat kursi), ayat 284-286, dan lain-lain.

3. Memberi Kecukupan Bagi Orang Yang Membacanya

Apabila anda membaca 2 ayat terakhir surat Al Baqarah pada malam hari maka dia akan diberi kecukupan.

Rosulallah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya : “Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka akan diberi kecukupan”. (HR. Bukhori).

Dari sabda Rosulallah SAW tersebut diatas ada beberapa ulama yang menjelaskan bahwa jika mengamalkan 2 ayat terakhir surat Al baqarah maka akan tercukupi kebutuhan dunia maupun akhiratnya. Selain itu dengan membaca 2 ayat terakhir yang ada pada surat Al Baqarah dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

Sebab isi kandungan yang ada didalam surat Al Baqarah ayat 285-286 berisi tentang kepasrahan diri seorang hamba kepada Tuhan-Nya, sehingga dapat menambah keimanan. Dan di dalam ayat tersebut juga ada do’a untuk kebaikan dunia dan akhirat, sehingga jika diamalkan maka kebutuhan dunia dan akhirat akan tercukupi.

4. Akan Menjadi Penyelamat Kelak Di Hari Kiamat

Dengan menghafalkan Al Qur’an maka ketika dihari kiamat Dia akan memberi pertolongan atau syafaat kepada penghafalnya. Salah satunya jika anda menghafalkan surat Al Baqarah maka dihari kiamat anda akan mendapatkan syafaat atau pertolongan. Terlebih lagi jika anda bisa menghafalkan 30 juz dalam Al Qur’an.

Ada sebuah hadist yang menjelaskan bahwa “Pada hari kiamat Al Qur’an akan datang kepada pemiliknya atau penghafalnya dengan wujud laki laki yang berwajah pucat. Dan dia (Al Qur’an) berkata “Saya yang dulu telah membuatmu kehausan disiang hari dan begadang dimalam hari, maka saya akan menunjukan kepadamu jalan menuju surga”.

Setelah mengetahui hadistnya, maka kita sebagai umat muslim supaya berlomba lomba untuk menghafalkan ayat suci Al Qur’an yang sebanyak banyaknya. Dan juga supaya memahami isi yang terkandung dalam setiap surat, agar dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT serta untuk mendapatkan pertolongan pada hari kiamat.

Leave a Comment